DESCRIPTION

Public speaking atau berbicara di depan publik bagi sebagian orang merupakan hal yang berat dan sukar, bahkan jika perlu dihindari. Ada juga yang beranggapan bahwa public speaking bukanlah bagian dari jalan hidupnya, biarlah orang lain yang memang berbakat untuk menjadi pembicara yang melakukannya. Apakah public speaking adalah persoalan bakat? Tidak. Setiap orang punya bakat yang sama untuk berbicara, tinggal bagaimana orang tersebut mengembangkannya.

Dapatkah orang yang pendiam/introvert menjadi pembicara yang ulung? Tentu saja bisa. Pendiam hanyalah soal pembawaan. Banyak pemimpin yang berpembawaan diam, namun saat berorasi berapi-api dan mampu mengobarkan semangat.

Perlu disadari bahwa sebagian besar kita punya kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam hal berbicara ini. Ini terlepas apakah kita menjadikan kemampuan ini sebagai profesi (public speaker) atau tidak. Kenapa? Ini karena banyak proses pekerjaan yang menuntut kita harus berbicara di depan umum (orang banyak), misalnya presentasi, mengajar, mengarahkan, melaporkan, mendiskusikan, dan lain-lain.

Seorang master of ceremony atau pemandu acara hendaknya dipilih dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Untuk menjadi seorang pemandu acara suatu kegiatan diperlukan persiapan yang matang dari calon MC. Sebaik apapun sebuah acara, bila dipandu oleh master of ceremony amatir (tidak profesional), akan menghasilkan sebuah acara yang kurang berkesan, bahkan sering menimbulkan cemoohan. Pelatihan ini akan mengupas berbagai seluk beluk cara memandu berbagai kegiatan yang sering menjadi agenda penting di perusahaan, dengan menggunakan bahasa dan kosa kata yang telah disesuaikan dengan EYD dan kalimat efektif. Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta diharapkan betul-betul mampu menjadi seorang master of ceremony yang profesional.

 

 OBJECTIVES

  • Meningkatkan Integritas dan implementasi Keterampilan Anda.
  • Meningkatkan produktifitas karyawan dan organisasi perusahaan dalam pelaksanaan kerja.
  • Meningkatkan Kemampuan alamiah Anda dengan memanfaatkan Strategi-strategi Pembelajaran.
  • Memberikan saran dan tip praktis untuk membantu Anda berkembang dan meningkatkan kemampuan Anda.
  • Meningkatkan keefektifan Anda dengan mempertimbangkan secara cermat dampak yang Anda akibatkan pada benak pendengar.
  • Penggunaan tatabahasa seorang MC sesuai dengan program acara yang dibawakan
  • Mengolah vocal agar menghasilan nada suara yang enak di dengar
  • Berpenampilan menarik sesuai dengan tema acara
  • Mngelola acara agar berjalan lancar

 

 OUTLINE

  1. Langkah Awal Masuk dari Sisi Kiri
  2. Komunikasi Lewat Mata
  3. Ulurkan Telapak Tangan Secara Terbuka
  4. Dengan Bermodalkan Bahasa
  5. Presentasi yang Efektif
  6. Take a rest
  7. Interaksi Memuncak
  8. Bergerak dengan Elegan Dan Focus
  9. Cara daya ingat selama Presentasi
  10. Ungkapan Bijak
  11. Menginformasikan Kehidupan
  12. Bergeraklah untuk Mengingat
  13. Komentar yang Memprovokasi
  14. Berusaha untuk Mengingat
  15. Memberi Pujian
  16. Dimulai dengan yang Utama
  17. Manfaatkan Musik
  18. Manfaatkan Alat Bantu
  19. Persiapkan Tempat
  20. Nikmati Keberadaan Mereka
  21. Siasati Rasa Grogi
  22. Revisi
  23. Isi dari Proses
  24. Menyampaikan Informasi
  25. Pengantar MC
  26. Penggunaan Bahasa
  27. Teknik Vokal dan Ekspresi Suara
  28. Jenis-jenis Acara
  29. Komunikasi non verbal MC
  30. MC pada kegiatan resmi dan non resmi
  31. Etika, penampilan/performance dan sikap
  32. Praktek MC :
  • Praktek MC : Acara resmi di kantor
  • Praktek MC : Acara Hiburan dan Semi Hiburan di kantor
  • Praktek MC : Acara Peresmian
  • Praktek MC : Acara Seminar/Pameran
  • Praktek MC : Acara Upacara Hari Besar
  • Praktek MC : Acara Pelantikan

 

PARTICIPANTS

Pelatihan ini sangat tepat diikuti oleh para pekerja/karyawan yang ada pada bidang/bagian kesekretariatan, kehumasan, kepegawaian dan siapa saja yang ingin mendalami dan memiliki ketrampilan master of ceremony.

TRAINING METHOD
  • Group Discussions
  • Group & Individual Exercises
  • Presentations
  • Games
  • Case Studies
  • Role Plays
  • Self-Assessment
  • Action Plan
FACILITIES
  • Certificate,
  • Quality Training Kit (Pencil case: Erase, Bolpoint, Pencil, Tipe X, Stabillo, Flash Disk 8 GB),
  • Bag.
  • Training Material (HandOut & SoftCopy)
  • Convenient training facilities in stars hotel (Public Training)
  • Lunch and Coffee Breaks (Public Training)
  • Souvenir
Permintaan Brosur penawaran Training ( Harga, Waktu dan Tempat) silahkan Menghubungi kami.
Catatan :
  • Pelatihan ini dapat di-customized sesuai kebutuhan perusahaan Anda bila diselenggarakan dalam bentuk In-House Training. Untuk permintaan In-House Trainingdengan jenis topik lainya, silahkan mengirimkan ke alamat email yang tercantum di web kami.
  • Request Training. Jika anda membutuhkan informasi pelatihan yang belum tercantum pada website ini, atau anda ingin memberikan usulan materi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan perusahaan anda, silahkan mengirimkan ke alamat emailyang tercantum.
  • Bila tidak ada tanggal dan waktu atau yang tercantum sudah kadaluarsa didalam artikel mohon tanyakan kepada kami untuk jadwal terbarunya.
  • Peserta bisa mengajukan Tanggal Pelatihan / Training selain yang tertera pada silabus penawaran.
Info Jadwal Training , Training, Training di Bandung, Training di Jakarta, Training di Bali, Training di Yogyakarta, Training di Lombok, Training di Surabaya, Training di Malang, Training di Solo, Training di Medan, Training di Manado, Training di Batam, Training di Semarang, Training di Bogor,
Iklan